Skip to main content

Dowonload Buku Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan / Ruang Untuk PAUD dan SPNF Tahun 2019 Format PDF

Dowonload Buku Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan / Ruang Untuk PAUD dan SPNF Tahun 2019 Format PDF - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan Juknis Buku Panduan Ruang Untuk PAUD dan SPNF Tahun Ajaran 2018/2019. Buku ini berformat Pdf. Rekan-rekan semua bisa download pada link yang sudah admin sediakan di bawah.

Pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, tingkat keterisian agregat data infrastruktur pembelajaran terkait dengan intensitas kerusakan bangunan yang masuk dalam Dapodik PAUD dan Dikmas sangat rendah, hanya berkisar 19,11%. Sisanya 80,89% mengisi field data dengan angka Nol atau membiarkannya kosong. Sebagai konsekuensi, angka Nol dan field yang kosong tersebut dalam sistem Dapodik kemudian dibaca sebagai tidak ada kerusakan infrastruktur pembelajaran pada SPNF dan PAUD bersangkutan, artinya tidak ada kebutuhan rehabilitasi atau renovasi infrastruktur karena semuanya masih baik dan memadai untuk kegiatan belajarmengajar. Situasi tersebut tidak konsisten dengan semakin meningkatnya usulan dana DAK Fisik untuk SKB dan PAUD dari tahun ke tahun.
Junis Buku Kerusakan Ruang Untuk PAUD dan SPNF Format Pdf
Junis Buku Kerusakan Ruang Untuk PAUD dan SPNF Format Pdf

Karena itu, saya menyambut baik adanya naskah Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan untuk SPNF SKB dan PAUD di Lingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud. Naskah ini bisa disebut juga sebagai “panduan teknis penilaian tingkat kerusakan bangunan oleh orang awam”, sebagai suatu upaya agar setiap lembaga SPNF dan PAUD mampu melakukan analisis kondisi dan mengisi data kerusakan bangunan yang dimilikinya pada aplikasi Dapodik secara benar.

Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan/Ruang ini dipersiapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengacu pada Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah (PP) No. 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang Bangunan Gedung (UUBG), dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pambangunan Bangunan Gedung Negara.

Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan/Ruang ini disusun dengan maksud untuk digunakan sebagai panduan bagi satuan pendidikan non-formal (SPNF) dan satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam memahami tentang definisi kerusakan bangunan, jenis-jenis kerusakan, kemudian dapat menilai kerusakan yang terjadi pada bangunan yang dimiliki. Buku ini berisi penjelasan ringkas tentang tata-cara mengukur dan melakukan analisa tingkat kerusakan bangunan. Uraian penjelasan dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar-gambar seperlunya.

Diharapkan warga SPNF dan PAUD di lapangan dapat mempelajari panduan ini dengan seksama, memahami, dan mampu melaksanakan seluruh proses penilaian kerusakan bangunan/ruang dengan baik, sehingga mampu memberikan gambaran tentang kondisi fisik termasuk kondisi kerusakan bangunannya dengan jelas dan bisa dipertanggung jawabkan, terutama dalam menyampaikan data kondisi fasilitas infrastrukturnya dalam Dapodik PAUD dan Dikmas. Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Teknis Sarana dan Prasarana pada Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat atas kontribusi, pemikiran dan gagasannya dalam menyusun Panduan Penilaian Kerusakan Bangunan/Ruang ini. Semoga panduan ini dapat digunakan oleh para pengelola SPNF, PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya dalam merencanakan serta mengembangkan fasilitas fisiknya masing-masing. Kiranya Allah SWT memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dalam memajukan PAUD dan Pendidikan Masyarakat di Indonesia.

Dapodik atau singkatan dari Data Pokok Pendidikan adalah system pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, dalam rangka perancanaan pendidikan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif, dengan demikian dalam sistem pendidikan harus ada Dapodik yang matang dan berkualitas. Perencanaan pendidikan yang tidak dasarkan pada data yang matang dan berkualias akan menurunkan program-program yang jauh dari apa yang diharapkan.

Sampai pada akhir tahun 2018, tingkat keterisian agregat data kondisi infrastruktur terkait dengan tingkat kerusakan fisik bangunan pada aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas, oleh lembaga SPNF PAUD dan Dikmas seluruh Indonesia sangat rendah, hanya berkisar 19,11%, selebihnya 19,34% mengisi dengan angka Nol, dan 61,55% membiarkan field data kerusakan bangunan tersebut kosong, sehingga ada 80,89% lembaga yang mengisi dengan angka Nol dan yang tidak mengisi sama sekali. Ini berarti data yang disajikan dalam Dapodik PAUD dan Dikmas menjadi kurang berkualitas.

Tujuan
Buku Panduan Penilaian Tingkat Kerusakan Bangunan/Ruang SPNF dan PAUD bertujuan untuk memberikan panduan teknis bagi warga SPNF, PAUD, dan masyarakat yang memerlukan, untuk:
1. Mengenal definisi tentang kerusakan pada bangunan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang belaku;
2. Dapat melakukan pengukuran dan kemudian melakukan analisis sederhana tentang tingkat kerusakan bangunan/ruang yang dimiliki;
3. Mendorong seluruh institusi/lembaga SPNF dan PAUD untuk percaya diri mengisi seluruh agregat data termasuk infrastruktur secara benar dan obyektif. Dengan penyajian data yang lingkap, reliable, dan up to date, maka Dapodik PAUD dan Dikmas dapat menjadi landasan untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang semakin baik dan operasional.

tulah Penjelaan singkat mengenai Buku panduan penilaian kerusakan bangunan / ruang untuk PAUD an SPNF tahun 2019.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar